SEKILAS TUGAS DAN FUNGSI TENTANG HRD

Diposting oleh regar pada 16:08, 06-Des-11

hrd.jpg


ASSLMLKM,WR.WB

allhamdulillah,saya masih sempat untuk buat postingan baru pada hari ini....

ya...itu pun dengan sedikit mencuri-curi waktu di sela-sela waktu bekerja!!

hmmm,tanpa panjang lebar ber-cuap2.

langsung aja ke TKP.

Fungsi HRD (human resource development) yang artinya pengembangan sumber daya manusia, dan GA (general affair) yang artinya urusan umum,kedua fungsi ini sebaiknya dipisah, karena dua bagian itu memiliki fungsi dan karakteristik yang relatif sangat berbeda. Pada sisi lain, ke depan tantangan yang akan dihadapi oleh departemen HR akan semakin berat – terutama jika dikaitkan dengan pengembangan peran HR untuk lebih terlibat dalam aspek strategi bisnis perusahaan.

Sejumlah observasi dan riset menunjukkan bahwa secara perlahan, departemen HR harus melakukan transformasi dari sekedar berfungsi mengelola personnel administation kepada peran yang lebih strategis, seperti mengelola proses transformasi organisasi dan juga menjadi strategic partners top management = (mitra strategis manajemen pucak). Peran semacam ini perlu dilakukan sebab dengan itulah, pihak departemen HR akan mampu memberikan value added = (nilai tambah) yang makin besar bagi pengembangan kinerja perusahaan.

Maka dihadapkan pada tantangan peran baru itu, maka semestinya pihak HR harus benar-benar memiliki waktu, energi dan fokus pada satu aspek saja, yakni HR. Jika ia juga disibukkan dengan tugas GA, dikhawatirkan peran baru ini tidak akan mampu dijalankan secara optimal.

Sasaran jangka pendek HR sebaiknya difokuskan pada operational excellence=keunggulan operasional. Disini fokus pekerjaan adalah membereskan beragam tugas dan pelayanan basic yang harus diberikan kepada karyawan, semisal pelayanan pengurusan klaim asuransi, pelayanan database karyawan yang akurat (data absensi, data karyawan, data cuti, data training, dll) dan pelayanan standard SDM lainnya. Basic services =  (layanan dasar) ini mesti harus dapat dijalankan dengan ekselen sebelum kita beranjak ke peran jangka menengah yang lebih strategis. Sebab bagaimana mungkin kita akan mampu menjadi partner strategis, kalau database karyawan saja masih acak-acakan, atau kalau job des saja belum tersusun dengan rapi.

Dengan kata lain, dalam jangka pendek, fokus kita adalah bagaimana beragam tugas standard dan basic yang mesti diberikan oleh departemen SDM dapat dikerjakan dengan ekselen, efisien, cepat, dan tidak birokratis.

Dalam jangka mengengah dan jangka panjang, departemen SDM harus pelan-pelan melakukan proses pengembangan SDM yang lebih strategis. Dalam fase ini, kita bisa mulai bergerak untuk melakukan pengembangan mutu SDM secara sistematis dan juga berproses meningkatkan peran strategis departemen HR dalam men-drive kinerja bisnis.

Disini, terdapat sejumlah program atau inisiatif strategis yang layak disebut. Yang pertama misalnya, adalah merumuskan pola manpower planning=(perencanaan tenaga kerja) ( yang komprehensif dan berdimensi jangka panjang serta dikaitkan dengan proyeksi kebutuhan masa depan perusahaan. Inisiatif kedua, mulai merumuskan kurikulum dan pola pengembangan dan pelatihan SDM secara berjenjang dan sistematis (termasuk didalamnya adalah penyediaan program mentoring, performance coaching = (pelatihan kinerja) ataupun special work assingments). Serangkaian program pengembangan ini kemudian juga diukur efektivitasnya secara reguler, serta ditindaklanjuti dengan beragam proses monitoring.

Inisiatif ketiga misalnya adalah membangun sistem manajemen kinerja, yang memadukan eveluasi pada aspek kompetensi dan juga aspek pencapaian key performance indicators = (indikator kinerja utama)=(KPI). Idealnya, sistem manajemen kinerja ini juga bisa memadukan antara sasaran kinerja perusahaan dengan sasaran kinerja karyawan pada semua level.

Cukup sekian yg bisa saya share tentang HRD,bukan maksud menggurui rekan2 yg telah lebih dulu mengetahui,tapi melainkan berbagi pngetahuan dari berbagai sumber yang telah saya gali...

adapun sumber sehingga artikel ini di posting adalah sbb  RAJA PRESENTASI.COM


CUKUP SEKIAN DAN TERIMA KASIHwink

Bagikan ke Facebook Bagikan ke Twitter

Komentar

2 tanggapan untuk "SEKILAS TUGAS DAN FUNGSI TENTANG HRD"

regar pada 15:43, 05-Jun-12

@rohana ,banyak hal dan aspek yang harus dimiliki oleh seorang staff HRD.
sebenarnya saya mau memaparkan dan share apa yang saya ketahui...
tapi lebih enaknya langsung ke Fb gw...
atw ke contact person ane....

ADIT pada 09:01, 04-Mei-13

Nama fb atau contak fercionya tolong di info mbk brw

Langganan komentar: [RSS] [Atom]

Komentar Baru

[Masuk]
Nama:

Email:

Komentar:
(Beberapa Tag BBCode diperbolehkan)

Kode Keamanan:
Aktifkan Gambar